October 21, 2020

Pengertian Sosial Media Engagement adalah?

Pengertian Sosial Media Engagement adalah?

Pengertian Sosial Media Engagement adalah?

Sering mendengar sosial media engagement? Jika belum, ada baiknya jika Anda tahu pengertian social media engagement adalah sebagai berikut ini.

Pengertian

Bisa dikatakan bahwa social media engagement adalah versi baru dari sosial marketing. Namun, pada dasarnya, engagement ini berarti sebagai komunikasi 2 arah, jadi social media engagement berkaitan dengan komunikasi atau interaksi antara pihak yang memiliki sosial media tersebut dengan ‘pengunjung’.

Semakin sering berinteraksi maka engagement juga akan semakin tinggi. Jika Anda membuka jasa untuk endorse, paid promote atau sebagai brand ambassador, tingkat engagement sosmed yang tinggi akan berpengaruh pada kualitas. Dengan begitu, ‘nilai’ jasa Anda juga akan semakin tinggi.

Pengertian Sosial Media Engagement adalah?
Pengertian Sosial Media Engagement adalah?

Fitur Interaksi

Menurut Avinash Kaushik yang merupakan pakar statistic internet serta penulis mengenai komunikasi digital, menjelaskan ada 3 fitur interaksi di sosmed. Fitur tersebut adalah:

  1. Conversation atau percakapan antar pengguna.
  2. Amplification atau aktivitas yang berkaitan dengan sharing atau penyebaran atau perluasan pesan.
  3. Applause atau aktivitas respon singkat mengenai fitur  yang ada di media sosial tersebut. Misalnya love, emoji atau like.

Jika dalam pengelolaan sosial media tersebut fitur medsos ini bisa maksimal maka engagement Anda juga akan semakin besar.

Bagaimana Cara Meningkatkan Engagement?

Sebelum Anda mengaplikasikan cara untuk meningkatkan engagement, Anda harus tahu lebih dahulu manfaat adanya media sosial. Apa yang ingin Anda capai di media sosial dengan engagement tersebut? Jika Anda hanya akan menggunakanya sebagai galeri pribadi, Anda tidak perlu terlalu memusingkan mengenai engagement.

Sebaliknya, jika Anda hendak menggunakannya untuk memaksimalkan bsnis Anda ataupun sebagai portofolio dari jasa Anda, maka engagement sangat perlu diperhatikan. Tanpa tahu hal tersebut, trik untuk memaksimalkan engagement akan susah dan percuma untuk dilakukan.

Setidaknya ada 3 cara yang bisa dicoba untuk meningkatkan social media engagement adalah sebagai berikut ini:

  • Gunakan Media Visual

Dibandingkan dengan hanya teks, akan lebih menarik jika postingan tersebut berupa media visual. Misalnya gambar ataupun video. Di twitter sendiri, gambar memiliki retweet 150% lebih banyak dibandingkan hanya tulisan saja. Bahkan di facebook sendiri, engagement gambar lebih  baik 2,3 kali dibandingkan dengan tulisan.

Gambar yang dibuat juga harus bagus  atau berkualitas, tidak buram, ataupun peyote. Selain itu, gambar juga perlu memiliki kaitan dengan bisnis atau akun tersebut.

  • Posting Blog

Banyak yang mengunjungi blog karena media sosialnya dan begitu juga sebaliknya. Jika Anda secara rutin bisa posting blok, maka akan membantu meningkatkan engagement dari media sosial. Pastikan juga, setiap posting Anda juga membagikannya di media sosial dan bisa juga dibahas.

Misalnya terkait dengan blog tersebut, Anda membuka QnA. Dengan begitu, interaksi antara Anda dan follower juga akan semakin baik.

  • Konten Pelanggan

Misalnya testimoni, review, ataupun konten yang dibuat sendiri oleh pelanggan misalnya untuk memenangkan giveaway. Dengan begitu, pelanggan Anda akan merasa dihargai dan tidak ragu lagi untuk tag Anda setiap kali posting produk Anda.

Jadi dengan pengertian social media engagement adalah interaksi antara kedua belah pihak yang bisa berpengaruh pada bisnis dan akun Anda, Anda bisa memulai cara untuk meningkatkan interaksi di medsos.