September 26, 2020

Pengertian dan Cara Membuat Anchor Text

Pengertian dan Cara Membuat Anchor Text

Pengertian dan Cara Membuat Anchor Text

Dalam pembuatan artikel SEO, terdapat anchor text yang bisa menjadi salah satu kunci keberhasilan dari optimasi SEO. Namun, Anda tidak hanya harus memperhatikan cara membuat anchor text yang tepat melainkan juga harus memperhatikan penggunaannya atau penempatannya.

Pengertian Anchor Text

Sebelum Anda membuat anchor text, ada baiknya jika Anda tahu terlebih dahulu apa itu anchor text. Anchor text ini sendiria dalah potongan text yang memiliki tautan yang bisa diklik atau berisi hyperlink.

Tampilan dari anchor text ini berbeda dari text yang lain. Misalnya memiliki warna biru sebelum di klik dan berubah jadi ungu setelah di klik. Perbedaan tampilan ini akan membantu pembaca untuk mengidentifikasi atau melihat anchor text tersebut. Terlebih google mengandalkan anchor text agar bisa mengidentifikasi website atau halaman.

Ibaratnya, anchor text adalah deskripsi dari konten tersebut. Namun, anchor text juga dipergunakan untuk merujuk ke halaman tertentu sehingga bisa dioptimalkan akan membantu untuk mempengaruhi peringkat di mesin pencari.

Pengertian dan Cara Membuat Anchor Text
Pengertian dan Cara Membuat Anchor Text

Cara untuk Membuat Anchor Text

Dalam membuat anchor text, bisa dikatakan mudah dan tidak terlalu ribet. Namun, sebelum itu Anda harus menentukan lebih dahulu kata kuncinya dan juga link yang akan disematkan. Kata kunci ytang digunakan haruslah yang benar-benar mendeskripsikan mengenai konten yang dirujuk.

Jadi, Anda tidak bisa membuat anchor text jasa backlink terbaik namun, website rujukan atau tujuan dari link tersebut berisi interior dan arsitektur rumah. Halaman yang tidak relevan akan memicu google untuk memberikan penalti terhadap website tersebut.

Berapa banyak anchor text yang digunakan? Umumnya, Anda bisa menggunakan 2 kata saja untuk anchor text walaupun Anda bisa saja menggunakan lebih panjang dari pada itu. Akan tetapi, hindari menggunakan anchor text yang terlalu panjang seperti 1 paragraf karena hal tersebut justru tidak akan membuat pengunjung tertarik.

Cara untuk membuat anchor text ini sama seperti Anda membuat hyperlink. Kata yang digunakan haruslah menggambarkan isi dari website rujukan. Lalu Anda block kata tersebut dan klik tanda seperti rantai, kemudian Anda bisa menyematkan link di kata yang sudah dipilih.

Selain menggunakan cara tersebut, jika Anda hendak membuatnya dengan cara manual, berikut ini cara membuat anchor text yang bisa Anda lakukan:

Tuliskan kode: <a href=”https://websiteAnda.com/SEO/”>anchor text</a>

Tag <a> di bagian awal menunjukkan bahwa Anda membuat sebuah link sedangkan href merujuk pada link yang dituju. Sedangkan anchor text adalah “anchor text” dengan tujuan link atau rujukan link mengarah ke https://websiteAnda.com/SEO/.

Dengan cara tersebut Anda bisa membuat anchor text dengan cara manual atau dengan cara block. Semoga dengan cara membuat anchor text tersebut bisa bermanfaat untuk Anda dan membantu Anda.