August 2, 2021

Mengapa Perlu Riset Harga Jasa Desain Interior?

Mengapa Perlu Riset Harga Jasa Desain Interior?

Mengapa Perlu Riset Harga Jasa Desain Interior?

Salah satu yang menyebabkan seseorang betah di rumah adalah karena rumahnya memiliki interior yang nyaman. Namun, untuk memiliki interior yang nyaman dan Anda tidak bisa menata ruangan, maka mau tidak mau Anda bisa menggunakan jasa desain interior. Sebelum itu, Anda harus riset harga jasa desain interior.

Kenapa perlu melakukan riset? Tujuannya agar Anda bisa mempersiapkan diri dan budget untuk mendesain ruangan.

Misalnya Anda baru memiliki dana Rp10 juta dan ingin desain interior konsep kontemporer. Lewat riset harga, Anda bisa tahu apakah dana tersebut mencukupi atau tidak.

Harga Menggunakan Jasa Desain Interior

Lalu, berapa harga jasa desain interior? Harga jasa dari desainer interior yang akan Anda gunakan bervariasi. Jadi, bisa saja desainer interior A memiliki harga yang lebih tinggi daripada desainer interior B.

Mengapa Perlu Riset Harga Jasa Desain Interior?
Mengapa Perlu Riset Harga Jasa Desain Interior?

Pada dasarnya, ada 3 perhitungan harga jasa desain interior apartemen, yaitu:

  • Harga per Meter Persegi

Ada penyedia jasa yang mematok harga jasanya sesuai dengan ukuran ruangan yang hendak di rombak. Harga tersebut sekitar Rp200-400 ribu per meter persegi.  Harga ini hanya untuk desainnya saja dan tidak termasuk perombakannya.

Harga jasa tersebut tentu berbeda dan bisa saja jauh lebih mahal jika Anda menggunakan jasa yang kredibel dan sudah ‘punya nama’. Jika Anda ingin harga yang lebih murah, Anda bisa menggunakan desainer interior pemula. Rata-rata, harga yang ditawarkan sekitar Rp50 ribu hingga Rp100 ribu per meter persegi.

  • Harga Berdasarkan Persentase

Ada penyedia jasa desainer interior yang mematok harga berdasarkan persentase. Sistem penghitungan harga ini biasanya diaplikasikan untuk layanan build and design. Artinya, Anda harus membayar biaya sebesar persentase yang disepakati.

Biasanya, besar persentasenya adalah 3-7% dari total nilai proyek. Uniknya, semakin besar nilai proyeknya, maka persentase harga akan semakin rendah.

Jadi, misalnya total biaya Rp100.000.000 dan persentase sebesar 5%, maka harga jasa sebesar Rp5.000.000.

  • Harga berdasarkan Gambar

Ada pula penyedia jasa desainer interior yang menetapkan harga sesuai dengan gambar yang dibuat. Biasanya, patokan harga ini diberikan untuk desain yang rumit. Jadi, semakin rumit gambarnya akan semakin besar harga jasanya.

Apakah ada perhitungan biaya lainnya?

Ada. Masing-masing penyedia jasa memiliki perhitungan dan penetapan harga yang berbeda. Jadi, bisa saja ada desainer interior yang memperhitungkan after service dan ada yang tidak. Bisa jadi pula penyedia jasa juga memperhitungkan biaya desain revisi, lama waktu yang digunakan dan sebagainya.

Jadi, untuk tahu harga jasa desain interior secara pasti, Anda harus bertanya terlebih dahulu ke penyedia jasanya. Setelah itu, bandingkan dan pertimbangkan, apakah sekiranya harga tersebut sudah sesuai dengan budget yang Anda miliki atau tidak. Jika tidak, maka Anda bisa mencari penyedia jasa yang lainnya.