January 22, 2021

Mau Kontrak Pembuatan Website? Simak Dulu Hal-hal Penting Ini!

Kontrak Pembuatan Website

Kontrak Pembuatan Website

Di era teknologi yang semakin maju saat ini, ada banyak perusahaan maupun pebisnis yang menjalankan usahanya dengan cara online. Dengan sederhananya, mereka memulainya dengan mengandalkan sebuah website atau platform marketplace lainnya. Akan tetapi, mereka yang mempunyai bisnis besar, tentunya mereka akan memanfaatkan sebuah website yang ada.

Pada umumnya, website adalah platform online yang dapat membantu pebisnis untuk menjadi lebih mudah dalam menjangkau berbagai macam konsumen di seluruh dunia. Namun sayang sekali saat ini dalam pembuatan website, akan lebih baik jika ada kontrak pembuatan website. Coba anda lihat beberapa hal penting yang ada dibawah ini jika anda ingin mengadakan kontrak dalam membuat website.

1. Para Pihak Perjanjian

Hal penting yang paling pertama dalam kontrak pembuatan website adalah anda harus memperhatikan tentang pihak yang ada di dalam perjanjian. Seperti yang sudah diketahui bersama, kontrak maupun perjanjian menjadi dokumen yang dapat mengatur kesepakatan antar para pihak.

Apapun bentuknya dari perjanjiannya, anda juga harus menjelaskan dengan detail tentang siapa pihak yang ingin menjalin kerjasama tersebut. Usahakan pihak dalam kontrak yang sudah diterapkan telah memiliki kecakapan yang didasari dengan Pasal 1320 KUHPerdata.

2. Ruang Lingkup

Memang pada umumnya hasil akhir dari kontraknya adalah website, akan tetapi proses untuk membuat website sangatlah panjang. Dalam pembuatan website, tentunya kita akan membutuhkan beberapa macam hal, salah satunya adalah hosting.

Hosting adalah salah satu layanan online yang akan membantu situs web menjadi lebih baik dalam beroperasi. Memungkinkan kalau sebuah website dapat berjalan dengan baik apabila telah dilengkapi dengan penggunaan hosting. Perhatikanlah dengan ini jika anda ingin kontrak pembuatan website dapat berjalan dengan baik.

3. Durasi

Suatu perusahaan mempunyai target yang menjadi tujuannya untuk membuat website. Biasanya website ini akan dijual atau dipasarkan pada target konsumen yang sesuai dengan rencana yang sudah dilakukan secara matang. Oleh karena itu, dalam pembuatannya programing maupun development yang ada ada di dalam pengembangan situs web tak boleh untuk terlambat. Dikarenakan ini akan mengakibatkan proses dari marketing yang kemunduran, pemasaran yang tidak sesuai waktu hingga bisa kehilangan momentum dari penjualan.

4. Biaya

Mau kontrak pembuatan website? Anda juga harus mengetahui tentang biaya yang akan dikeluarkan. Perlu anda ketahui kalau anda harus meriset harga dengan cara melakukannya seperti meriset harga jasa desain interior. Biaya jasa yang akan dikeluarkan oleh anda hanya berkaitan dengan bagaimana bentuk website yang ada. Hal ini bertujuan suatu website bisa tampil dengan sesuai harapan.

5. Masa Garansi

Dalam kontrak untuk membuat website, hal yang paling penting anda harus memberikan penjelasan tentang jangka dari garansi pembuatan website dan tanggung jawab antar pihak kedua apabila mengalami hal-hal diluar dugaan. Anda dapat tambahkan beberapa garansi dengan tulisan secara detail agar perjanjian tentang pembuatan situs web yang sudah dilakukan oleh anda bisa berjalan dengan baik.