January 22, 2021

Cara Membuat Logo dengan Photoshop : Gaya Retro Monokrom

Cara membuat logo dengan Photoshop

Cara membuat logo dengan Photoshop banyak dipertanyakan oleh para desainer. Photoshop memang dikenal sebagai aplikasi untuk editing dan manipulasi foto. Kegunaannya sebagai editor foto justru kerap dialihfungsikan menjadi software desain seperti Adobe Illustrator. Menariknya, kualitas desain yang dihasilkan tidak kalah dari software vektor populer lainnya.

Bicara soal desain logo, ada banyak gaya yang bisa Anda gunakan. Belakangan ini logo retro sedang naik daun, biasanya dikombinasikan dengan warna monokrom. Logo semacam ini akan banyak Anda temukan di Cafe, Barbershop, Distro, dan tempat-tempat lifestyle kekinian lainnya. Ingin membuat logo seperti ini di Photoshop? Ikuti panduan di bawah ini :

 

Cara Membuat Logo dengan Photoshop

 

  • Pahami Cara Kerja Photoshop

Sebelum mulai mempraktikkan cara membuat logo dengan Photoshop, pahami dulu lembar kerja dan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Secara umum, Photoshop juga menyediakan berbagai tools yang pasti Anda temukan di aplikasi desain vector. Tools inilah yang akan Anda gunakan untuk membuat logo.

Di Photoshop. Biasanya Tools ini ditempatkan di Toolbar sebelah kiri. Susunannya berupa ikon-ikon kecil dengan Tooltip yang akan otomatis ditampilkan saat pointer mouse Anda berada di atasnya. Mulailah dengan mencoba beberapa Tool dasar seperti teks, geometri, dan palet warna.

 

  • Langkah Pembuatan Desain

Setelah Anda mendapatkan gambaran singkat tentang cara kerja Photoshop beserta fitur-fiturnya, lanjutkan cara membuat logo dengan Photoshop ke tahap desain. Untuk membut logo bergaya retro, bentuk-bentuk lingkaran dan polygon adalah yang paling tepat. Persis seperti yang biasa Anda temukan di tempat-tempat hiburan.

Untuk tutorial ini, kita akan menggunakan lingkaran. Buat lingkaran besar sebagai objek utama. Kemudian, tambahkan bentuk-bentuk lain seperti garis lurus atau lengkung ke dalam lingkaran. Misalnya dengan dua garis vertikal di bagian atas dan bawah. Di tengah kedua garis tersebut, tambahkan teks sesuai nama bisnis Anda dengan font yang cocok untuk logo bergaya retro.

 

  • Atur Warna Logo

Langkah terakhir dalam cara membuat logo dengan Photoshop adalah mengatur pewarnaan. Photoshop menyediakan palet warna yang sangat lengkap dalam mode RGB dan CMYK. Jika Anda belum memahami perbedaan kedua mode warna ini, kami sarankan untuk memilih RGB. Coba klik pada ikon Bucket (ember cat) di Toolbar untuk mengakses pilihan warna yang tersedia.

Di tutorial ini, kita akan membuat logo Retro berwarna monokrom. Jadi, warna-warna andalan yang akan Anda gunakan hanya terdiri dari dua jenis : hitam dan putih. Beri warna hitam pada lingkaran utama. Sedangkan teks dan bentuk-bentuk pendukung lainnya lebih cocok diberi warna putih. Ini memberikan kesan kekosongan ruang di sebuah objek berwarna dasar hitam.

 

Cara Membuat Logo dengan Photoshop untuk Desain Kekinian

Langkah-langkah di atas sangat mudah untuk dipraktikkan. Anda tidak perlu berkutat dengan istilah-istilah desain yang rumit dan hal-hal teknis yang belum Anda pahami. Cukup dengan mengandalkan bentuk-bentuk geometris yang dipadukan dengan teks dan pewarnaan hitam-putih. Hasilnya, Anda akan mendapatkan logo berkualitas tinggi sesuai tren desain kekinian. Kembangkan cara membuat logo dengan Photoshop di atas untuk menghasilkan lebih banyak logo berkualitas dalam berbagai konsep dan gaya.