September 26, 2020

Apakah Pengertian Link Building Adalah Backlink?

Apakah Pengertian Link Building Adalah Backlink?

Apakah Pengertian Link Building Adalah Backlink?

Sudah bukan rahasia lagi jika peran backlink dalam hal ini sangat penting. Bahkan dalam membangun website terutama untuk bisnis, peran peran link building adalah vital. namun, benarkah link building sama dengan backlink?

Pengertian Link Building

Link building memang ada kaitannya dengan backlink namun link building bukanlah backlink. Pengertian dari link building adalah cara yang dilakukan agar mendapatkan backlink yang berasal dari situs lain ke situs yang Anda miliki.

Apakah Pengertian Link Building Adalah Backlink?
Apakah Pengertian Link Building Adalah Backlink?

Apa tujuannya? Tujuannya ada bermacam-macam dan salah satunya adalah untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke website. dengan begitu, ranking website akan semakin tinggi.

Dari hal ini, dapat disimpulkan bahwa link building memiliki peranan penting untuk SEO. jika salah dalam memasang link, maka akan berpengaruh pada optimasi SEO yang secara langsung juga akan berpengaruh pada kualitas website Anda. Misalnya, backlink yang Anda buat tersebut adalah spam maka akan membuat website terbenam di mesin pencari dan tidak terdeteksi.

Aturan Link Building

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, maka ada 3 aturan penting dalam pembuatan link building yang akan berpengaruh pada kualitas backlink. Aturan tersebut adalah:

  • Alami atau Natural

Dalam pembuatan link building, Anda harus terlihat alami dan natural. Link building terbaik adalah yang tidak terlihat seperti link building.

Misalnya, Anda memiliki website tentang sosial media. Keyword yang bisa Anda angkat untuk dijadikan anchor adalah pengertian sosial media engagement sehingga terlihat berkaitan. Namun, ada yang menggunakan anchor yang terlihat memaksa dan tidak ada kaitannya dengan niche website Anda, maka link juga tidak akan baik.

Selain hal tersebut, lakukan link building secara bertahap. Hindari langsung membangun dan kemudian membuat ribuan backlink dan dipasang di website yang kualitasnya kurang baik. Hal tersebut justru akan menyebabkan google mendeteksi aktivitas Anda dan bisa jadi, website Anda terkena pinalti. Jadi, lakukan secara natural dan sebisa mungkin lakukan secara bertahap.  

  • Website Berkualitas

Jangan lupakan mengenai penggunaan website yang berkualitas untuk backlink Anda. Jika Anda sudah menyebar link tapi di website yang kurang berkualitas, hasilnya juga tidak akan optimal.

Untuk itu, pilih website dengan kriteria seperti berikut ini agar hasil backlink Anda optimal:

  1. Memiliki traffic tinggi.
  2. Aktivitas serta interaksi yang ada di website cukup aktif misalnya update secara berkala.
  3. Tidak adanya spam.
  4. Memiliki konten yang berkualitas.
  • Niche Sama

Selain itu, Anda juga bisa membangun backlink dari website dengan niche yang sama. tujuannya adalah agar ada keterkaitan antara website yang satu dengan yang lain. Akan terlihat aneh jika Anda memiliki website desain interior kemudian Anda membangun backlink di website yang memiliki niche otomotif.

Jadi sudah jelas ya bahwa link building adalah cara membangun backlink yang bisa membantu untuk mengoptimalkan SEO. Semoga Anda tidak bingung lagi dan informasi ini bermanfaat ya untuk Anda.