January 22, 2021

3 Aplikasi Desain Website Pilihan

3 Aplikasi Desain Website Pilihan

3 Aplikasi Desain Website Pilihan

Sebelum membuat website, Anda sebaiknya membuat desain website. Namun, bagaimana caranya membuat desain website? Anda bisa mendesain website secara manual lewat sketsa setelah itu dipindah ke aplikasi desain website.

Namun, ada cara yang lebih mudah yaitu dengan menggunakan mockup. Beberapa jenis aplikasi desain website untuk mockup yang bisa Anda gunakan, yaitu:

  • Balsamiq Cloud

Balsamiq dilengkapi dengan 2 versi yaitu versi desktop (balsamiq 3) dan versi websitenya (Balsamiq Cloud). Adanya 2 pilihan versi ini memungkinkan Anda untuk memilih menggunakan Balsamiq sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda.

3 Aplikasi Desain Website Pilihan
3 Aplikasi Desain Website Pilihan

Namun, jika Anda tidak ingin menginstal, Anda bisa menggunakan Balsamiq Cloud. Untuk menggunakan aplikasi web ini, Anda hanya perlu untuk memiliki akun.

Ada beberapa keunggulan dari Balsamiq Cloud yang bisa Anda pertimbangkan, yaitu:

  1. Memiliki fitur yang cukup lengkap, diantaranya adalah navigator panel, canvas, UI Library, panel properties.
  2. Interface yang sederhana sehingga mudah untuk digunakan.   
  3. Bisa dibagikan langsung ke klien sehingga Anda dapat memperoleh review.
  4. Adanya fitur collaborative editing.
  5. Bisa diekspor ke format pdf atau png.

Namun, semua keunggulan tersebut tidak bisa Anda peroleh dengan Cuma-Cuma. Anda bisa menggunakannya secara gratis di masa trial. Setelah itu, Anda harus berlangganan sesuai jenis dan kebutuhan Anda, misalnya berdasarkan project.

  • Figma

Figma merupakan aplikasi pembuatan desain website yang hanya bisa diakses secara online. aplikasi website ini memiliki interface yang sederhana sehingga mudah untuk digunakan.

(baca: kontrak pembuatan website)

Keunggulan dari FIgma adalah real time collaboration. Artinya, Anda bisa bekerja sama, seperti membagikannya ke klien, dalam saat itu juga.

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu drag and drop gambar yang anda inginkan. Dengan cara ini, pekerjaan Anda akan lebih cepat selesai. Setelah selesai, Anda bisa mengeksportnya ke bentuk SVG, PNG, PNF, JPG.

Untuk menggunakannya, Anda diberi pilihan. Apakah akan menggunakan secara gratis dan terbatas dengan 3 project saja atau berbayar dengan unlimited project.

  • FluidUI

FluidUI merupakan aplikasi website yang memiliki banyak fitur unggulan, diantaranya:

  1. Built it libraries dengan komponen yang mencapai 2000 komponen sehingga memungkinkan Anda lebih leluasa membuat desain website.
  2. Online collaboration: fitur ini cocok untuk Anda yang bekerja secara tim dan ketika Anda butuh sharing. Dengan fitur ini, pembuatan dan perbaikan desain akan lebih mudah dan cepat.
  3. Lock pages untuk mengunci halaman saat dilakukan perubahan.

Untuk menggunakan FluidUI, Anda bisa menggunakannya secara gratis dan berbayar. Jika gratis, Anda akan dibatasi untuk 1 project saja dengan maksimal 10 halaman. Sebaliknya, jika berbayar, Anda bisa berlangganan untuk mengerjakan 3 project.

Dengan pilihan aplikasi desain website di atas, Anda tidak perlu bingung lagi ya saat membuat desain website.